Pasar Baru Tempat Shopping di Bandung bagi Wisatawan Malaysia

Pasar Baru Tempat Shopping di Bandung bagi Wisatawan Malaysia


Dominasi wisman asal Malaysia tentu saja tak lepas dari adanya penerbangan langsung dari dan ke Kuala Lumpur. Airasia sebagai maskapai berbasis LCC (low cost carrier) sejak 2004 membuka rute Kuala Lumpur-Bandung (KUL-BDO). Sampai saat ini Airasia tetap setia dengan rute tersebut dan telah berkontribusi terhadap tingkat load factor bagi maskapai tersebut.

Penopang Pariwisata

Bandung sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat sudah sangat dikenal oleh dunia. Bahkan tidak berlebihan jika mendapat julukan "Parisj van Java". Dengan segala potensi pariwisata baik itu wisata belanja, budaya, bahkan kuliner menjadikan Bandung salah satu kota penting penopang pariwisata di Jawa Barat.

Sejak dibukanya rute KUL-BDO, Bandung semakin dikenal dan menjadi tujuan wisata wisman asal Malaysia. Apalagi Bandung sejak lama dikenal sebagai kota mode, di mana kota ini adalah pusat industri kreatif khususnya di bidang fashion. Banyaknya factory outlet menjadi daya tarik tidak hanya bagi wisatawan Nusantara, tapi juga bagi wisman. Kualitas barang ekspor bisa didapat dengan harga murah di outlet-outlet tersebut.

Di tengah kepungan factory outlet ternyata ada satu pusat perbelanjaan yang tetap menjadi primadona bagi wisatawan. Yakni, Pasar Baru Bandung. Siapa yang tak kenal dengan pusat perbelanjaan ini? Pasar Baru seolah menjadi tujuan wajib wisatawan khususnya asal Malaysia. Pada awal dibukanya rute penerbangan KUL-BDO, pesawat mendarat pagi pukul 9 di Bandara Husein Sastranegara. Agen perjalanan wisata menjadikan Pasar Baru sebagai tujuan pertama wisman. Tidak heran jika bus pariwisata sudah memenuhi jalanan depan Pasar Baru pada pagi hari.

Gayung bersambut. Segala kemudahan ditawarkan oleh pedagang Pasar Baru, seperti gratis packing sampai siap meng-cargo-kan belanjaan wisatawan. Wisman asal Malaysia memang jika belanja di Pasar Baru tidak pernah sedikit. Mereka bisa belanja berkarung-karung, sehingga tidak mungkin jika langsung dibawa saat itu juga.

Penerbangan KUL-BDO menjadi berkah tersendiri. Tiket yang terbilang cukup murah untuk sebuah rute internasional menjadikan wisman asal Malaysia berbondong-bondong menuju Bandung. Dengan durasi penerbangan yang hanya 2 jam 10 menit menjadikan jarak Kuala Lumpur - Bandung seolah sangat dekat. Bandung tidak lagi hanya menjadi tujuan wisman asal Eropa karena adanya bangunan heritage peninggalan Belanda, tapi menjadi tujuan utama wisman Melayu.

Wisman Melayu

Wisatawan asal negeri jiran selama ini dikenal dengan wisatawan Melayu. Jawa Barat sebagai provinsi yang mayoritas penduduknya beragama Islam tentu saja sangat cocok bagi wisman Melayu ini. Mereka tidak sulit mencari makanan halal atau tempat beribadah karena masjid ada di mana-mana. Bahkan dai kondang KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dengan Masjid Daarut Tauhid-nya sudah lama mempunyai program wisata religi. Program "Manajemen Qolbu" yang diinisiasi oleh Daarut Tauhid menjadi salah satu paket wisata yang banyak diminati oleh wisman Melayu asal Malaysia.

Jumlah penduduk Malaysia pada 2018 sebanyak 32,4 juta menurut data Jabatan Perangkaan Malaysia. Dari total penduduk sebanyak itu yang beretnis Melayu sebanyak 20,07 juta. Sementara etnis non Melayu, yaitu Cina sebanyak 6,69 juta, dan India sebanyak 2,01 juta. Ketika Jawa Barat menjadi tujuan wisata bagi wisman asal negeri jiran tersebut memang bukan suatu hal yang mengejutkan jika melihat kemiripan dari sisi agama.

Melihat series data yang ada di BPS Provinsi Jawa Barat, kunjungan wisman asal Malaysia rata-rata setiap bulannya mencapai 8-11 ribu kunjungan. Hanya saja ada bulan-bulan yang jumlah kunjungan wismannya sangat anjlok. Pada Juni 2017 jumlah kunjungan wisman asal Malaysia hanya sekitar 4 ribu kunjungan, sementara pada Juni 2018 hanya 3 ribu kunjungan. Juni di dua tahun itu memang waktu ketika sedang berlangsung puasa Ramadan.

Posting Komentar

Copyright © Termurah!!!, Ph/WA +62 811 222 1614, Pakej Percutian ke Bandung Indonesia 2019 . Designed by Morinda Tour and Travel